Ayo, Hidup Berdisiplin ­^_^

·         Belajar di Rumah
Disiplin saat belajar di rumah harus kamu biasakan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan disiplin pada saat belajar kamu dapat memperoleh banyak manfaat seperti berikut.
1.    Kamu menjadi anak yang pandai.
2.    Kamu bisa menghemat biaya listrik.
3.    Kamu akan merasa nyaman dalam belajar karena terjaganya kebersihan dan kerapian ruang belajar.
·         Bangun Tidur
Disiplin bangun tidur merupakan kebiasaan yang baik. Banyak manfaat yang dapat kamu peroleh dengan membiasakan disiplin bangun tidur. Manfaat yang dapat kamu peroleh dengan disiplin bangun tidur seperti berikut.
1.    Tidak akan terlambat ke sekolah.
2.    Hidup menjadi tertib dan teratur.
3.    Badan sehat dan segar.
·         Sarapan Pagi Bersama Keluarga
Disiplin saat makan bersama dapat diwujudkan dalam bentuk kegiatan mencuci tangan sebelum makan, berdoa sebelum dan sesudah makan, serta tidak berbicara pada saat makan. Banyak manfaat disiplin saat makan bersama. Misalnya, terhindar dari segala macam penyakit dan makan terasa nikmat.
·         Sebelum Berangkat ke Sekolah
Memakai seragam sekolah sesuai dengan ketentuan yang berlaku, berpamitan kepada orang tua, dan berdoa sebelum ke sekolah merupakan bentuk sikap disiplin dan teliti. Pentingnya bersikap disiplin dan teliti sebelum berangkat ke sekolah adalah merasa tenang pada saat belajar di sekolah.
·         Tertib di Jalan Raya
Tertib di jalan raya berarti ikut serta menjaga keselamatan bersama bagi semua pengguna jalan raya, baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Selain itu, tertib di jalan juga dapat memperlancar jalannya lalu lintas serta mengurangi angka kecelakaan.
·         Tiba di Sekolah
Disiplin tiba di sekolah berarti tiba di sekolah tepat waktu atau tidak terlambat sampai di sekolah. Disiplin tiba di sekolah membuat hati tenang, dan belajar menjadi menyenangkan.
·         Menjaga Kebersihan Kelas
Menjaga kebersihan kelas merupakan tanggung jawab bersama semua warga kelas. Bekerja samalah bersama teman dalam menjaga kebersihan kelas. Manfaat disiplin menjaga kebersihan kelas adalah lingkungan kelas menjadi sehat, rapi, dan nyaman untuk belajar.
·         Upacara Bendera
Upacara bendera harus diikuti oleh semua warga sekolah secara disiplin. Dengan sikap disiplin, upacara bendera dapat berjalan dengan tertib dan hikmat.
·         Belajar di Sekolah
Disiplin belajar di sekolah dapat ditunjukkan dalam bentuk tindakan masuk kelas dengan tertib dan menjaga ketenangan kelas. Disiplin belajar dapat memudahkan kita dalam memudahkan kita dalam menerima pelajaran dari guru. Kegiatan belajar mengajar pun bisa berjalan dengan lancar.
·         Aku Tidak Ingin Mendapat Hukuman
Mematuhi tata tertib sekolah berarti melaksanakan semua peraturan yang berlaku di sekolah. Mematuhi tata tertib di sekolah dapat menciptakan ketertiban dan keteraturan di lingkungan sekolah serta menghindarkan diri dari hukuman. Murid yang disiplin akan selalu mematuhi tata tertib di sekolah.
·         Jam Istirahat
Waktu istirahat hendaknya digunakan sebaik-baiknya. Meskipun pada saat istirahat kita mempunyai pada kebebasan untuk bermain, makan, dan bercanda, kita tetap harus memperhatikan peraturan yang berlaku. Semua itu demi ketertiban bersama.
·         Rapi Itu Indah
Menjaga kerapihan kelas menjadi tanggung jawab semua warga di kelas. Kerapihan dapat menciptakan keindahan. Selain itu, dengan berpenampilan rapi, kita akan disegani orang lain.
·         Taat Asas
Sikap disiplin dan taat asas sangat penting untuk menciptakan ketertiban dan ketenangan di dalam kelas. Dengan sikap disiplin dan taat asas, kegiatan belajar mengajar pun bisa berjalan denagn baik.
·         Patuh kepada Guru
Patuh kepada guru dapat diwujudkan dalam bentuk tindakan melaksanakan nasihat dan perintah guru secara baik dan bertanggung jawab. Patuh kepada guru merupakan bentuk sikap menghormati guru yang menjadi kewajiban bagi setiap murid di sekolah.
·         Bintang Kelas
Rajin belajar pangkai pandai. Artinya, siapa pun yang rajin belajar pasti akan menjadi anak yang pandai. Anak yang pandai akan selalu mengerjakan ulangan dengan tenang. Selain rajin belajar, kita harus mengutamakan kejujuran dalam menghadapi ulangan.
·         Pulang ke Rumah
Dalam segala hal hendaknya kita membiasakan sikap disiplin. Bentuk tindakan disiplin saat pulang sekolah antara lain langsung pulang ke rumah, tidak mampir kemana-mana. Disiplin bisa membuat hidup menjadi teratur, hati senang, riang dan gembira.
·         Bermain
Disiplin dalam bermain sangat penting. Disiplin dalam bermain meliputi 2 hal, yaitu disiplin waktu dan disiplin tempat. Selain disiplin, dalam bermain juga harus mengutamakan kejujuran. Pentingnya disiplin dan jujur dalam bermain adalah bermain bisa nyaman, tenang dan gembira.
·         Menjaga Kesehatan
Menjaga kesehatan lebih baik daripada mengobati. Oleh karena itu, kita harus disiplin dalam menjaga kesehatan. Kesehatan adalah yang utama dalam hidup kita.
·         Pekerjaan Rumahku
Segala pekerjaan hendaknya dilakukan secara bertanggung jawab dan disiplin. Dengan demikian, semua pekerjaan akan terlaksana dengan baik dan sesuai dengan yang kita harapkan.
·         Ayo, Hidup Hemat !
Berhemat adalah tindakan yang sangat bijaksana bagi setiap orang. Dengan berhemat orang akan berhati-hati dalam menggunakan sesuatu, seperti air dan lampu. Berhemat dapat mendatangkan kebaikan, baik bagi diri sendiri maupun orang lain.
·         Menepati Janji
Janji adalah hutang. Oleh karena itu, janji harus ditepati. Dengan menepati janji, kita akan dipercaya orang lain. Hubungan dengan orang lain pun bisa menjadi baik da rukun dengan menepati janji.
·         Menjaga Kebersihan Rumah
Menjaga kebersihan rumah bisa kamu lakukan dengan cara disiplin membuang sampah pada tempatnya dan bekerja bskti membersihkan rumah. Disiplin menjaga kebersihan rumah akan memperoleh beberapa menfaat seperti menjaga kesehatan dan menciptakan kenyamanan bagi penghuni rumah.
·         Kebersihan Pangkal Kesehatan
Kebersihan adalah kunci utama kesehatan. Oleh karena itu, kamu harus selalu menjaga kebersihan diri agar badanmu sehat. Jika badanmu sehat, kamu dapat melakukan berbagai kegiatan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar